Tentang Mouse Macro

Apa Sih Mouse Macro ... ???


Awalnya Ane kenal Nama ini dari Game Online yang sering ane maenin 1st game fps di indonesia yaitu point blank. banyak orang yang bilang Macro-Macro dan macro, Awalnya ane kira macro itu, macro chat yang kita setting di options, tapi ternyata perkiraan ane selama ini salah, macro itu adalah setting mouse yang menggunakan macro !! Maklum lah biasa pake mouse yang sepuluh ribuan, sekali pake ancuur. udah maennya ccd pake mousenya kaya gitu lagi , WKa_Wka_Wka_Wka...!!!
Telusur demi Telusur akhirnya ane sedikit tahu apa itu mouse Macro .. !
Apa sih yang di maksud mouse Macro ...

Sekilas tentang mouse gaming, dalam iklan gaming mouse, sering kali kita menemukan istilah teknis semisal high DPI sensor dan Macro, braided cable dsb. dari semua aspek tersebut yang paling berpengaruh besar yakni fitur macro, dimana kita bisa memasukkan beberapa keystroke kedalam satu klik pada tombol yang kita ingin program.
Apa yang dimaksud keystroke?? key stroke merupakan langkah setiap kita menginput karakter, misalanya kita menekan tombol A satu kali, maka keystrokenya a↓-a↑ (panah bawah= tekan ,panah keatas=  release), jadi dalam satu kali menekan tombol ada dua keystroke.  maka susunan keystroke untuk kata gokil yaitu g↓- g↑-o↓-o↑-k↓-k↑-i↓- i↑-l↓- l↑ , pada beberapa macro editor, kita bahkan dapat mengatur jeda (delay) antar keystroke, misalnya kita ingin memberi ritme ter tentu (tenggang waktu yang berbeda-beda antar keystroke, maka kita dapat menginputkan jeda  waktu pada script macro, namun tidak semua macro editor pada mouse mendukung fitur ini,beberapa mouse kelas atas, untuk memasukkan jeda hanya bisa dilakukan melalui “macro recording” sehingga apabila ingin melakukan “fine-tuning” pada jeda waktu, kita hanya bisa melakukannya secara manual, tidak bisa dengan meng-adjust angka2 pada script, karena memang tidak disediakan fasilitas scripting.

Semua macro yang telah kita buat akan disimpan, ada dua metode penyimpanan macro, yang tersimpan pada hardrive, dan tersimpan pada onboard memory didalam mouse, dari kedua tipe tersebut,  jelas lebih bagus yang tersimpan pada mouse (onboard memory) karena macro yang telah kita buat, akan tetap aktif, sekalipun mouse tersebut dipakai pada komputer lain, namun tetap saja membutuhkan software macro editor apa bila ingin mengubah /remapping tombol pada mouse, mouse tipe ini cocok bagi yang suka bermain di komputer yang berbeda-beda dan juga bagi yang mengikuti kompetisi/turnamen. sementara tipe mouse yang macro-nya tersimpan di HDD (contoh razer death adder) macro tidak akan berjalan pada komputer lain, tipe ini lebih cocok utuk gamer yang biasa bermain dari komputer pribadi.
Ditinjau dari segi sensor,rata2 mouse gaming  memberikan DPI yang tinggi dari mouse normal(biasanya diatas 1200DPI, dan bisa di adjust (setel) sesuai kebutuhan, bagi yang belum tahu, DPI merupakan resolusi sensor, meningkatkan DPI pada kesan pertama akan seperti meningkatkan kecepatan kursor, namun kecepatan ini bukan didapat dari akselerasi, tetapi karena besarnya resolusi sensor, sehingga akan terasa sangat sensitif, lalu apa perbedaannya? akselerasi mouse memberikan gerakan yang terkesan “lompat-lompat” karena kecepatan pergerakannya didapat dengan men-skip pixel yang dilalui kursor, sedangkan DPI tinggi , meski bergerak cepat, kursor bergerak melewati setiap pixel. High DPI sangat berguna dalam game tipe strategi, dmana kecepatan sekaligus akurasi sangat dibutuhkan. dalam permainan FPS (counter strike, PB, unreal tournament),dari hasil uji coba saya, saya rasa anda tidak akan membutuhkan pixel lebih dari 2000Dpi, sehingga, bila anda membeli mouse dengan DPI sebesar 5600 hanya untuk bermain FPS, hal tersebut akan sia-sia.
Tipe mouse high end (diatas 800 ribu) hampir semua sudah menerapkan sensor laser, lalu apa keunggulannya? yang paling menonjol yakni kemampuan untuk bekerja dengan baik pada setiap permukaan, bahkan kaca sekalipun, namun secara garis besar anda tidak akan menemukan perbedaan berarti bila kedua tipe sensor digunakan diatas mouse pad yang baik (just opinion).
Lalu, perlukah membeli sebuah gaming mouse?, jawabannya antara YA dan TIDAK, saya katakan ya, bila anda seorang gamer hardcore atau gamer professional yang membutuhkan sebuah alat untuk menunjang kemampuan anda dalam kompetisi, kalau anda hanya merupakan gamer casual (bermain hanya untuk melepas rasa penat dan mengisi waktu) gaming mouse merupakan BIG WASTE OF MONEY (buang-buang duit), karena pada dasarnya,(menurut opini saya) memenangkan suatu permainan lebih banyak ditentukan oleh skill pemain itu sendiri, dengan asumsi, peralatan yang digunakan bekerja normal, dan tidak ada hambatan/ masalah koneksi internet (pada game online), lagi pula, bila anda tergolong masih pemula (n00bs) dalam bermain game, mouse gaming tidak akan memberi manfaat apa-apa melawan para PRO, maka untuk para pemula lebih disarankan mengikuti “hukum alam”, yakni, belajarlah dengan menggunakan alat “standar”, karena skill akan semakin terasah tajam manakala telah terbiasa dengan menggunakan peralatan yang serba ala-kadarnya.
Sekedar tambahan, selain gaming mouse branded, bila memang ingin menjajal, dipasaran tersedia pula alternatif, dengan harga relatif murah (sekitar 200 ribu) mouse tersebut memiliki kemampuan yang hampir sama dan juga menyertakan software untuk macro. jadi jangan tergesa-gesa membelanjakan uang dalam jumlah besar, cobalah mulai dari merek alternatif tsb, demikian pembahasan kali ini tentang mouse gaming, semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

0 komentar: